WELCOME TO TINA DATE

Sabtu, 25 Agustus 2012

Bahaya, Menengadahkan Kepala Saat Mimisan

          Biasanya orang akan menengadahkan kepala ke atas saat mimisan.  Ada pula yang membaringkan tubuh. Dua cara ini dilakukan supaya darah tidak keluar.  Namun kedua tindakan tersebut menurut beberapa ahli justru salah.
          Menengadahkan kepala ke atas dan membaringkan tubuh, justru akan membuat komplikasi dengan mengalirkan darah menuju saluran pernapasan.  Bila darah masuk ke lambung akan menyebabkan iritasi atau darah akan dikeluarkan melalui muntahan.

          Ada dua jenis mimisan, yakni epitaksis anterior dan epitaksis posterior.  Epitaksis anterior titik perdarahannya jelas, yakni hanya pada bagian depan hidung, sehingga tidak berbahaya.  Mimisan jenis ini pada umumnya banyak dialami anak kecil.  Penyebabnya kurang istirahat, demam, trauma pada bagian luar, udara kering, mengorek-ngorek hidung, alergi, atau tipisnya selaput pembuluh darah, yg biasa atau umum terjadi pada anak dibawah usia 12 tahun. Sedangkan epitaksis posterior yaitu pembuluh darah yang pecah di bagian dalam.  Darah keluar terus-menerus lewat hidung.   Mimisan ini terjadi pada penderita hipertensi, tumor hidung, dan aterosklerosis di daerah hidung.  Bila mengalami mimisan jenis ini, sebaiknya langsung dibawa ke RS dan ditangani dokter THT serta penyakit dalam.

          Mimisan dikategorikan berat jika darah berhenti keluar dalam waktu 10 menit, setelah diberi pertolongan dan menyebabkan kehilangan darah satu liter per jam.

          Saat anak mengalami mimisan, dudukanlah dengan posisi kepala dan badan agak maju kedepan, lalu tekan hidung dengan ibu jari dan telunjuk.  Ajaklah anak bernapas melalui mulut.  Dalam waktu satu hingga dua menit darah biasanya akan berhenti.  Apabila darah belum juga berhenti, segera kompres hidung dengan air es, atau mengkonsumsi makanan atau minuman yg dingin.  Es dan benda dingin yang ditempelkan pada hidung akan membuat pembuluh darah mengecil, sehingga perdarahan cepat berhenti.

          Kompres bisa dilakukan saat perdarahan, bila setelah lima menit mengompresan darah masih belum berhenti, tekan hidung lagi selama 10 menit, jk belum berhenti juga segera bw ke RS.

          Bagaimana dengan pemberian daun sirih?  Daun sirih memang baik diberikan untuk menghentikan mimisan, karena mengandung zat pengerut jaringan

Tidak ada komentar: