WELCOME TO TINA DATE

Minggu, 02 Agustus 2009

perlindungan mata terhadap cedera

Perlindungan mata terhadap cedera
Mata merupakan salah satu organ tubuh tang tidak kalah pentingnya dengan organ-organ tubuh lainnya. Walaupun tanpa mata, kita masih bias hidup, namun tanpa adanya mata kita tidak akan bias melihat keindahan dunia bahkan keindahan wajah kita sendiri. Oleh karena itu kita harus menjaga dan melindungi mata kita agar terbebas dari bahaya fisik yang akan menyebabkan mata menajdi cedera atau cedera mata.
Lalu apa itu "Cedera Mata?" …………………………..
Cedera Mata adalah kerusakan jaringan mata yang disebabkan oleh mekanis maupun non mekanis.
Yang dimaksud dengan cedera mekanis seperti benda tajam (pisau dan paku), Benda tumpul (batu dan bola), benda asing (kerikil) dan cedera akibat ledakan. Wuah pasti menjadi hal yang menakutkan sekali apabila benda-benda tersebut mengenai mata kita…………………………….
Lain lagi dengan cedera non mekanis yaitu berupa cedera kimia (asam sperti air aki dan basa seperti detergent dan kaporit), cedera termik oleh suhu yang terlalu panas atau justru terlalu dingin, cedera radiasi, cedera ultrasonic, cedera tekanan seperti Baro metric, Getaran, dan akselerasi dan yang terakhir cedera elektrik.
Cedera yang mengenai mata baik akibat mekanis maupun non mekanis tentunya akan menyebabkan adanya perubahan pada mata seprti bengkak, kemerahan pada sclera, lensa keruh, terasa adanaya ganjalan pada mata, mata berair, silau, dan mata terasa panas.
Namun kita jangan terlalu khawatir, karena semua penyakit tentunya ada cara penanganannya.
Yang pertama apabila cedera pada mata diakibatkan oleh cedera mekanis sebaiknya segera dibawa ke Unit Gawat darurat terdekat dengan mata tertutup. Sedangakn apabila terasa ada debu/pasir dapat dialiri air sampai debu tersebut hancur dan mata terasa lebih baik.
Yang kedua apabila cedera diakibatkan oleh cedera Non Mekanis seperti:
Bahan Kimia (asam/basa) dapat dialirkan dengan mengalirkan air, Cedera Termal: segeralah kompres dengan air matang dingin dengan manggunakan kapas. Cedera Sinar Las: merupakan cedera yang cukup membahayakan sebaiknya segera tutup mata dan bawa ke Unit gawat darurat, selanjutnya cedera Elektrik: yang pertama jauhkan dari sumber, lalu kompres dengan air dingin.
Berhati-hatilah kita dalam mengerjakan sesuatu khususnya yang berhubungan langsung dengan mata atau hal-hal yang dapat membahayakan mata kita, marilah kita semua mencegah terjadinya cedera pada mata kita maupun orang didekat kita. Apabila kita bekerja pada pekerjaan yang dapat membahayakan mata, maka sebaiknya gunakanlah pelindung mata seperti kaca mata, selain itu gunakanlah helm dengan kaca saat berkendaraan. Lakukanlah pencegahan dengan menjauhkan benda-benda yang memungkinkan mencederai mata seperti pisau, jarum, lidi, maupun bahan kimia.
Ingat: penggunaan obat tetes, perhatikan betul label tanggal kadaluarsa dan perubahan warna.

Tidak ada komentar: