WELCOME TO TINA DATE

Senin, 01 September 2008

dislokasi

DISLOKASI

1. PENDAHULUAN
Skelet atau kerangka adalah rangkaian tulang yang mendukung dan me­lindungi beberapa organ lunak, terutama dalam tengkorak dan panggul. Kerangka juga berfungsi sebagai alat ungkit pada gerakan dan menye­diakan permukaan untuk kaitan otot-otot kerangka. Oleh karena fungsi tulang yang sangat penting bagi tubuh kita, maka telah semestinya tulang harus di jaga agar terhindar dari trauma atau benturan yang dapat mengakibatkan terjadinya patah tulang atau dislokasi tulang.
Dislokasi terjadi saat ligarnen rnamberikan jalan sedemikian rupa sehingga tulang berpindah dari posisinya yang normal di dalam sendi. Dislokasi dapat disebabkan oleh faktor penyakit atau trauma karena dapatan (acquired) atau karena sejak lahir (kongenital).
2. Definisi
Keadaan dimana tulang-tulang yang membentuk sendi tidak lagi berhubungan secara anatomis (tulang lepas dari sendi)
(Brunner & Suddarth)
Keluarnya (bercerainya) kepala sendi dari mangkuknya, dislokasi merupakan suatu kedaruratan yang membutuhkan pertolongan segera.
(Arif Mansyur, dkk. 2000)
Patah tulang di dekat sendi atau mengenai sendi dapat menyebabkan patah tulang di­sertai luksasi sendi yang disebut fraktur dis­lokasi.
( Buku Ajar Ilmu Bedah, hal 1138)
Berpindahnya ujung tulang patah, karena tonus otot, kontraksi cedera dan tarikan
Dislokasi adalah terlepasnya kompresi jaringan tulang dari kesatuan sendi.

3. Klasifikasia. Dislokasi Congenital : Terjadi sejak lahir akibat kesalahan pertumbuhan.
b. Dislokasi PatologikAkibat penyakit sendi dan atau jaringan sekitar sendi. misal­nya tumor, infeksi, atau osteoporosis tulang. Ini disebabkan oleh kekuatan tulang yang berkurang.
c. Dislokasi Traumatic :Kedaruratan ortopedi (pasokan darah, susunan saraf rusak dan mengalami stress berat, kematian jaringan akibat anoksia) akibat oedema (karena mengalami pengerasan). Terjadi karena trauma yang kuat sehingga dapat mengeluarkan tulang dari jaringan disekeilingnya dan mungkin juga merusak struktur sendi, ligamen, syaraf, dan sistem vaskular. Kebanyakan terjadi pada orang dewasa.
TERMINOLOGI TRAUMA SENDI
kontusi – sprain - occult joint instability - subluksasi / dislokasi

1 komentar:

Clarence Rusli S mengatakan...

Salamat malam,

saya baru dislokasi bahu.
1 minggu dirawat...
nah skrg ud pulang ke rmh..trus bikin ikatan pake bidai gmana caranya???

terimakasih